PR 2 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)


Apa itu Sistem Informasi Manajemen?
Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan suatu informasi untuk mendukung operasi manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
Biasanya SIM menghasilkan informasi untuk memantau kinerja, memelihara koordinasi, dan menyediakan informasi untuk operasi organisasi. Umumnya SIM mengambil data dari sistem pemrosesan transaksi.

Mengapa Sistem Informasi itu dibuat? Apasih tujuannya?
1. Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok, jasa, produk dan  tujuan lain yang diinginkan manajemen
2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan berkelanjutan
3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

Proses Manajemen dalam Sistem Informasi Manajemen
Perencanaan
Formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.

Pengendalian
Perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaanya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan.

Pengambilan Keputusan

Proses pemilihan di antara berbagai alternatif disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih,. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih.

Karakteristik Sistem Informasi Manajemen
Beroperasi
Beroperasi pada tugas-tugas yang berstruktur, yakni pada lingkungan yang telah mendefinisikan hal-hal berikut secara tegas dan jelas: prosedur operasi, aturan pengambilan keputusan, dan arus informasi.

Efisien
Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya

Pengambilan Keputusan
Menyediakan laporan dan memudahkan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan tetapi tidak secara langsung (manajer menggunakan laporan dan informasi dan membuat kesimpulan-kesimpulan tersendiri untuk melakukan pengambilan keputusan)

Macam-Macam Laporan yang dihasilkan Sistem Informasi Manajemen
Laporan Periodik
Laporan yang dihasilkan dalam selang waktu tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan dan sebagainya

Laporan Perbandingan
Laporan yang menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk di bandingkan

Laporan Ikhtisar
Laporan yang memberikan ringkasan terhadap sejumlah data/informasi

Laporan Perkecualian
Laporan yang hanya muncul ketika terjadi keadaan yang tidak normal. Sebagai contoh, manajer pembelian mungkin memerlukan laporan pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat satu minggu. Laporan ini hanya muncul ketika keadaan yang diminta terpenuhi

Demand (Ad Hoc) Report
Sebagai tambahan, terkadang SIM juga menyediakan laporan yang tergolong sebagai demand (ad hoc) report, yaitu jenis laporan yang dapat diminta sewaktu-waktu dan pemakai dapat mengatur sendiri tata letak informasi yang diperlukan


Contoh Implementasi pengunaan Sistem Informasi Manajemen
-> Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan

Apa itu Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan?
Sejalan dengan pergerakan bidang ekonomi yang menuju kearah yang lebih baik diikuti oleh pertumbuhan pembangunan yang signifikan diberbagai sektor, terlihat dari banyaknya usaha baru yang bermuncula, meningkatnya pembangunan sektor ril, promosi-promosi yang dilakukan oleh dunia usaha, meningkatkan tingkat penjualan dan penggunaan jasa konsultasi diberbagai bidang serta lain sebagainya. Hal ini membutuhkan dan harus dilakukan pengelolaan dan pengawasan dari pihak pemerintah daerah untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat secara keseluruhan didalam memasuki era perkembangan pembangunan. Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) merupakan pusat pelayanan perizinan yang dimiliki oleh pemerintah daerah dalam mengelola perizinan mulai dari pengajuan, pemrosesan sampai dengan mengeluarkan surat izin.

Untuk melakukan pemrosesan pengeluaran surat izin tersebut dibutuhkan satu inovasi yang digunakan untuk mempermudah kegiatan tersebut, salah satunya dengan membangun aplikasi sistem informasi pelayanan perizinan.

Fitur didapatkan dalam Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan
1. Informasi perizinan
2. Pendaftaran izin secara online
3. Pengaduan izin
4. Pelayanan Perizinan

Laporan yang dihasilkan dalam Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan
Surat Izin Usaha
Contoh hasil atau output yang dihasilkan dalam pelayanan perizinan ini adalah surat izin usaha perdagangan (SIUP)

Izin Gangguan (HO)
Contoh laporan hasil dari pelayanan perizinan adalah surat izin gangguan (HO)




Referensi
https://www.youtube.com/watch?v=67_lwkllFIo&t=2s

Komentar

Postingan Populer